26 January 2012

Tolongin dong, Facebook ku dihacker orang...


Itulah kata-kata yang sering saya dengar dari beberapa teman lama saya ataupun orang-orang di sekitar saya yang kesal karena akun facebooknya tidak bisa diakses. Sebagian besar mereka berharap saya bisa mengembalikan akun mereka yang dicuri tersebut, tetapi saya mohon maaf, bukannya saya tidak mau mengembalikan akun tersebut, tetapi karena memang saya tidak bisa melakukannya. Dan itu membuat mereka bertambah kesal, hihi...
Ada beberapa faktor yang membuat saya tidak bisa melakukannya, salah satu yang paling besar adalah seberapa banyak persiapan kita untuk mencegah dan menyelamatkan akun kita di dunia maya.
Lalu apa saja bentuk persiapan kita untuk mencegah dan menyelamatkan tersebut?

Mencegah Pencurian Akun
Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam mencegah pencurian akun, antara lain :
  1. Amankan E-mail Anda
Gunakan password khusus yang berbeda dengan password facebook anda. Sehingga, apabila akun facebook anda dicuri orang, anda masih bisa mengembalikan facebook anda menggunakan email anda tersebut.
  1. Sebelum Login, perhatikan Address Bar
Hal yang perlu anda lakukan sebelum anda menuliskan username dan password pada facebook, pastikan anda memperhatikan alamat (URL) facebook pada Address Bar di browser anda. Pastikan disana tertulis facebook.com atau http://www.facebook.com, bukan yang lain. Ada banyak nama yang bisa menipu anda, misalnya :
faceb00k.com (palsu)
facebook.com.co.cc  (palsu)
face.book.com (palsu), dan sebagainya.
Namun, apabila anda ragu, anda bisa menulis alamat facebook.com secara manual untuk memastikan.
  1. Facebook tidak mungkin mencuri password anda
Ya, karena facebook memang telah memiliki username dan password anda, dan tidak mungkin facebook meng-hack anda dengan hal itu. Itulah sebabnya anda harus memastikan bahwa alamat facebook tertulis dengan benar pada address bar anda sebelum anda menulis username dan password untuk login.
Hal di atas juga berlaku untuk semua website yang memiliki login, misalnya Twitter, FourSquare dan lainnya. Jadi username facebook anda hanya dimasukkan pada website facebook.com. Username twitter  anda hanya dimasukkan pada website twitter. Username yahoo anda hanya akan dimasukkan ke website yahoo, bukan yang lain. Dan jangan pernah memasukkan username facebook anda ke twitter anda atau ke website  lainnya, begitu juga untuk username lainnya. Mudahkan?

Persiapan untuk menyelamatkan akun
Akun anda akan sangat sulit diselamatkan apabila anda tidak pernah mengatur persiapan penyelamatan akun anda. Berikut hal penting yang perlu dipersiapkan :
  1. Buat E-mail khusus untuk Facebook
Buatlah email khusus untuk akun-akun jejaring sosial (facebook, twitter, dll) agar berbeda dengan akun email untuk keperluan kerja atau keperluan lainnya. Sehingga email-email dari jejaring sosial tidak bercampur dengan email penting.
  1. Persiapkan Prosedur Penyelamatan E-mail anda
Pada umumnya setiap email memiliki alamat email cadangan (alternative email) yang digunakan jika anda mengalami kesulitan saat mengakses email anda. Selain itu juga ada pertanyaan keamanan (security question) yang akan ditanyakan ketika anda kehilangan password email anda. Terakhir, beberapa email saat ini menyarankan anda untuk memasukkan nomor telepon seluler anda yang juga digunakan untuk membantu anda jika kehilangan password.
  1. Daftarkan nomor telepon seluler anda pada Facebook
Facebook menyarankan anda untuk mendaftarkan nomor telepon seluler anda. Nomor tersebut akan digunakan Facebook untuk mengirimkan kode rahasia agar anda bisa mengembalikan akun facebook anda. Dan hal ini juga berlaku pada beberapa jejaring sosial lainnya.

No comments: