26 February 2012

Anak Teknik Informatika


Suatu ketika saya menghadiri sebuah seminar tentang inovasi. Salah satu pembicaranya mengatakan bahwa, "kita anak teknik informatika cenderung berpikir detail dan serba sempurna". Wah...bener juga.
Orang teknik informatika dalam membangun sebuah software selalu memikirkan banyak hal, misalkan rancangan database. Ini karena anak teknik informatika disuguhi materi tentang perancangan database dan analisa database dalam perkuliahannya. Disitu juga diajarkan bagaimana melihat suatu kasus dan mentranslasikannya ke bentuk database dan disain program.
Selain itu, anak teknik informatika juga memikirkan aliran data program tersebut, karena mereka diajarkan untuk membuat sebuah data flow diagram setiap kali ingin membangun sebuah program. Siapa saja yang akan menggunakan program tersebut juga diperhitungkan. Apa saja yang bisa mereka akses pada program tersebut juga telah mereka defenisikan sebelum membuat program tersebut.
Yang lebih keren lagi, mereka juga belajar tentang aspek interaksi manusia dan komputer yang memberikan pemahaman bagaimana seharusnya program tersebut menampilkan antarmuka (interface) kepada manusia. Bagaimana agar manusia tidak merasa kerepotan dalam menggunakan program tersebut. Mengurutkan satu per satu langkah-langkah memasukkan data. Mencegah agar tidak terjadi human-error.
Semua itu dipelajari oleh anak teknik informatika untuk menghasilkan program yang baik. Apa iya ya??

No comments: