20 November 2011

Hikmah Belajar PHP


Contoh kode PHP

Pertama kali mendengar kata PHP, aku gak tau benda apa itu. Katanya bahasa pemrograman untuk web. Maklum saat itu aku masih semester 2 kuliah Informatika. Beruntungnya aku udah tau dengan HTML, JavaScript dan CSS sebelum aku masuk kuliah. Hanya saja beberapa semester di awal kuliahku, ilmu itu gak dipake.
Yang aku tau bahasa pemrograman di web itu hanya HTML, JavaScript dan CSS. Jadi aku juga penasaran dengan yang namanya PHP. Seperti apakah modelnya, apa bedanya dengan bahasa yang udah aku pelajari?
Dari sana aku mulai membaca-baca tentang PHP. Banyak istilah baru yang aku temukan saat itu, seperti server, localhost, apache, mysql dan sebagainya. Tapi tak ada satupun yang aku pahami. Akhirnya setelah beberapa minggu mengeksplore, aku nyerah. Aku tinggalkan PHP.
Di semester 3, aku mulai berpikir tentang beberapa website yang telah aku buat sebelumnya menggunakan HTML, JavaScript, dan CSS. Aku merasa kerepotan mengupdate websiteku. Aku mulai berpikir "adakah cara untuk membuat isi dari website ini lebih dinamis, bisa berubah2 tanpa harus mengubah kode di dalamnya?"
Pooof.... ternyata itu guna PHP, aku baru tau. Aku juga baru tau bahwa PHP adalah bahasa pemrograman di web, sedangkan HTML hanya bahasa Mark Up.
Mulai lah aku mencari tutorial "How to Get Started" tentang PHP. Dan akhirnya jadilah program perdana, Hello World.
Selang satu bulan berikutnya jadilah sebuah website PHP pertamaku.
Semester 4 pun datang, kebetulan aku mengambil mata kuliah Teknologi Web. Pada awal pertemuan, sang dosen memberi sebuah 'challenges' untuk maka kuliah tersebut. Challenge-nya adalah membuat sebuah website menggunakan HTML, JavaScript dan CSS. Ahaaaa... Kebetulan nih. Aku sudah punya website yang udah jadi, pake PHP, mySQL. Jelas saja aku tak terlalu serius dengan mata kuliah tersebut, sebab klo ada yang bisa membuat website menggunakan HTML, maka akan dijamin dapat A, apalagi websiteku itu pake PHP.
Ternyata ada juga hikmahnya belajar PHP saat itu, hmmm....

No comments: